Berita

PSPPA UIN Malang Tingkatkan Kualitas melalui Audit Mutu Internal T.A. 2022/2023

Selasa (25/07/2023), telah digelar Audit Mutu Internal (AMI) Tahun Akademik 2022/2023 bagi Program Studi Sarjana Farmasi (PSSF) dan Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan AMI 2022/2023 kali ini difasilitasi oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan bertempat di Ruang Akreditasi Gedung Ibnu Thufail Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Malang mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Bertindak sebagai tim auditor LPM UIN Malang adalah Kurniasih Bahagiati, M.H., Fantika Febry Puspitasari, M.Pd., dan Dr. Ni’matuz Zuhro, M.Si. AMI PSSF dan PSPPA 2022/2023 berjalan dengan sukses dan penuh antusiasme peserta yang hadir, mulai dari Wakil Dekan 1 bidang Akademik Prof. Dr. apt. Roihatul Mutiah, S.F., M.Kes., pimpinan program studi, dosen hingga tenaga pendidikan FKIK UIN Malang.

Peserta (Auditor dan Auditee) Audit Mutu Internal (AMI) TA 2022/2023 Prodi Sarjana Farmasi dan Pendidikan Profesi Apoteker

Audit Mutu Internal merupakan salah satu tahapan yang dilakukan untuk memastikan bahwa pelaksanaan sistem penjaminan mutu di Program Studi telah sesuai dengan standar yang ditetapkan. AMI kali ini merupakan siklus yang ke-XVI dijalankan oleh LPM UIN Malang sejak tahun 2008. Dilansir dari situs resmi LPM UIN Malang, dalam AMI siklus XVI kali ini melibatkan sebanyak 48 auditor yang ditunjuk untuk bertugas di 48 Prodi yang ada di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Masing-masing Auditor bertugas melakukan klarifikasi dokumen kinerja program studi sesuai dengan data yang sebelumnya telah diisi oleh Prodi melalui laman e-SPMI.

Salah satu auditor yang bertugas dalam AMI 2022/2023 PSSF dan PSPPA FKIK UIN Malang, Kurniasih Bahagiati, M.H. menuturkan bahwa AMI di lingkungan FKIK adalah salah satu yang terbaik dari segi kesiapan.

“Kami merasa tersanjung dapat hadir di sini dengan disambut oleh unsur yang lengkap mulai dari pimpinan fakultas hingga prodi”, ungkapnya.

Lebih lanjut, beliau juga mengapresiasi kinerja Unit Penjaminan Mutu (UPM) FKIK yang dinilai solid dalam mengawal berlangsungnya siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) dalam SPMI.

Suasana Audit Mutu Internal Program Studi Sarjana Farmasi dan Pendidikan Profesi Apoteker
Tim Auditor melakukan Asesmen Dokumen Kinerja Prodi

Prof. Dr.apt. Roihatul Mutiah, SF., M.Kes, dalam sambutannya menuturkan bahwa AMI adalah kesempatan yang baik bagi prodi untuk melakukan evaluasi terhadap segala progres yang telah dibuat sepanjang tahun. Terkhusus bagi Prodi baru yakni PSPPA, adanya audit mutu internal ini akan sangat membantu dalam mempersiapkan segala macam dokumen sesuai SPMI untuk menghadapi agenda reakreditasi yang akan datang.