Berita

Leadership Training-Menggali Potensi Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa Profesi Apoteker UIN Malang

Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang PSPPA FKIK UIN Malang kembali menggelar acara Leadership Training pada Kamis (24/08/2023) & Jumat (25/08/2023). Acara yang digelar khusus untuk mahasiswa baru PSPPA semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 ini merupakan salah satu rangkaian dalam kegiatan pra-PKPA yang bertujuan untuk memperkuat karakter kepemimpinan bagi para mahasiswa sebelum mereka memulai praktik kerja profesi apoteker (PKPA).

Pemberian materi kepemimpinan oleh Coach Heidy Akhadi

Kegiatan berlangsung di meeting room lantai 3 Rumah Singgah Kampus II UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dalam rangka mengembangkan potensi kepemimpinan calon apoteker, kegiatan Training Leadership mengundang seorang coach profesional melalui kerjasama dengan ESQ Leadership Center, sebuah lembaga pelatihan motivasi yang didirikan oleh Dr. HC. Ary Ginanjar Agustian. Coach yang diundang, Heidy Akhadi, memiliki reputasi yang solid dalam membimbing individu maupun kelompok untuk mengembangkan kepemimpinan. Dalam acara tersebut, Coach Heidy berbagi wawasan tentang mengembangkan kepercayaan diri, mengidentifikasi kekuatan individu (self awareness), dan bagaimana cara mengelola respon. Kegiatan ini disambut baik dan, peserta sangat antusias dalam sesi diskusi kelompok maupun saat presentasi. Acara ini juga melibatkan simulasi tantangan kasus praktik apoteker untuk menguji kemampuan peserta dalam mengambil keputusan yang tepat.

Keseruan peserta dalam diskusi kelompok
Suasana Leadership Training 24 & 25 Agustus 2023

Salah satu peserta, Hamdy Sulaiman, menyatakan “Dalam kegiatan ESQ ini, kami dilatih kepemimpinannya dan saya merasakan banyak sekali manfaat dari kegiatan ini begitupun dengan teman-teman. Kami banyak mengambil pelajaran terkait bagaimana cara meregulasi emosi, menata kembali mimpi, agar kami menjadi orang yang bermanfaat khususnya menjadi apoteker ulul albab”

Dengan semangat yang diperoleh dari Training Leadership ini, diharapkan calon apoteker akan siap untuk menghadapi tantangan kepemimpinan dalam praktik sehari-hari dan memainkan peran penting dalam melayani kebutuhan masyarakat.