Berita

Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker Periode 1 Tahun 2024 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

(Prosesi Pengambilan Sumpah 40 Apoteker Baru)

Kamis (02/05/2024). Dengan penuh rasa bangga, FKIK UIN Malang menyelenggarakan acara pelantikan Sumpah Apoteker  Pertama FKIK UIN Malang. Acara ini bertempat di Gedung Rektorat Ir. Soekarno Lt. 5 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. sebuah peristiwa yang menandai langkah monumental dalam perjalanan akademik dan profesionalisme di bidang farmasi.  Sebuah upacara yang tidak hanya merayakan kesuksesan para peserta sumpah Apoteker, tetapi juga menandai komitmen kami untuk menghasilkan para profesional kesehatan yang terbaik. Perjalanan panjang, yang penuh dengan dedikasi dan kerja keras, telah mengantar para calon Apoteker ke titik ini. Setiap detik yang dihabiskan untuk belajar, setiap tantangan yang dihadapi, dan setiap kesuksesan yang diraih, telah membentuk mereka menjadi individu yang siap untuk menghadapi tugas-tugas besar yang menanti di dunia nyata.

Pada pengambilan sumpah ini dihadiri langsung oleh Bapak  Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Bapak Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA. beserta jajarannya, dan Dekan FKIK UIN Malang Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati Prabowowati Wajib., M.Kes., Sp.Rad (K). beserta jajarannya. Dengan rasa Bangga FKIK Melepaskan 40 Apoteker Baru menuju perjalanan selanjutnaya sebagai seorang Apoteker. “Keberhasilan adalah hasil dari ketekunan hati selama menjalani  masa kuliah di FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Alhamdulillah, sebanyak 40 mahasiswa PSSA kami dapat mengikuti ujian tersebut dan dinyatakan lulus 100% serta resmi mendapat gelar sebagai Apoterker.”  Ucap Prof. Dr. Apt.Roihatul Muti’ah, SF., M.Kes selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik FKIK UIN Malang.

(Pembukaan Sidang Terbuka Pelafalan Sumpah Apoteker)

Acara Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker bukan hanya tentang pemberian gelar akademik, tetapi juga tentang pengakuan atas perjuangan yang telah dilalui. Serta menghargai nilai-nilai luhur seperti keuletan, integritas, dan rasa tanggung jawab sebagai seorang apoteker, yang telah ditanamkan dalam diri mereka selama masa studi. Dengan suasana yang penuh khidmat dan semangat kebangsaan, pembukaan acara sumpah apoteker dimulai dengan langkah-langkah yang sarat makna. Di ruang sidang yang terhormat, para calon apoteker bersama dengan dewan sidang memasuki ruangan dengan langkah tegap dan penuh kepercayaan. Serta Sorot mata yang dipenuhi dengan harapan dan tekad untuk melangkah ke dunia profesionalisme dengan tanggung jawab yang besar. Acara dibuka dengan pembacaan tilawah Al-Quran yang dilantunkan oleh Saudara Kabila Ahmadi Romli Al Idrus, SH. Setelah itu, Kemudian acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya  dan Hymne FKIK UIN Malang.

Sumpah Apoteker periode Pertama FKIK UIN Malang meluluskan 40 Apoteker baru diantaranya adalah apt. Nafhah, S.Farm., apt. Rona Zahidah Hidayat, S.Farm., apt. Eka Kartini Rahmawati, S.Farm., apt. Putri Ayu Andina, S.Farm., apt. Almas Firas Kanzi Jizan, T. S.Farm., apt. Maya Nafilatin Pratiwi, S.Farm., apt. Fauzta Norma Ayu Anggraini, S.Farm., apt. Catur Salsa Bella Julianti, S. Farm., apt. Roudlotul Jannah, S. Farm., apt. Nabila Rosa Maulidia, S. Farm., apt. Dilla Amalia, S. Farm., apt. Melizani Musafak Putri, S. Farm., apt. Fariza Amanatul Sholihah, S. Farm., apt. Achmad Ainul Yaqin, S. Farm., apt. Wahyi Yucha Firsyaradha, S. Farm., apt. Annisa` Isyfi Faizati, S. Farm., apt. Kesimira Qonita, S. Farm., apt. Naila Mafaza, S. Farm., apt. Fitrati Hasanah Luthfi, S. Farm., apt. Siva Putri Ajeng Pinati, S. Farm., apt. Jihan Nafis Maulida, S. Farm., apt. Monika Arzela Wardani, S. Farm., apt. Reyhan Rahma Samudra, S. Farm., apt. Nur Afifah, S. Farm., apt. Faza Hamala Rahmah, S. Farm., apt. Ismea Munawaroh, S. Farm., apt. Rosavina Mawaddah, S. Farm., apt. Jamilah Damaiyanti, S. Farm., apt. Kurnia Mufidah, S. Farm., apt. Kartika Dina Rahma, S. Farm., apt. Rosyida Iriana, S. Farm., apt. Nahla Firdaus Prabaadzmajah, S. Farm., apt. Riznah Al-Rizqiyyah, S. Farm., apt. Alya Bunga Kirana, S. Farm., apt. Hurriyatul Zulfa, S. Farm., apt. Dian Pratiwi Dwi Lestari, S. Farm., apt. Zainab Izzetaliyah Mony, S. Farm., apt. Muhammad Fadhil Safari, S. Farm., apt. Mutia Tazkya, S. Farm., dan apt. Rizky Aprillia Maryati, S. Farm

Prosesi Sidang Pengambilan Sumpah Apoteker dilanjutkan dengan penandatanganan satu per satu surat Sumpah oleh setiap Apoteker baru yang disaksikan oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Ketua Program Studi Profesi Farmasi  Dr. apt. Rahmi Annisa, S.Farm., M.Farm., yang disertai penyerahan Sertifikat Kompetensi, Sertifkat Profesi, dan Surat Sumpah oleh ketua Program Studi Sarjana Farmasi apt. Abdul Hakim, S.Si, M.P.I., M.Farm. Selanjutnya persidangan ditutup oleh pimpinan sidang. Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker Periode 1 Tahun 2024 FKIK UIN Malang menjadi langkah awal lahirnya para Apoteker-apoteker Ulul albab  yang tidak hanya memilki keterampilan yang mendalam dalam bidang farmasi, tetapi juga dilengkapi dengan nilai-nilai keislaman yang tinggi. “Yang lebih dari lulusan Apoterker kami yaitu modal tambahan yaitu ilmu agama, Al-Qur’an dan bahasa Arab. Oleh karena itu Farmasi harus terus dikembangkan dan akan berdiri sendiri dan berpisah sebagai sebagai Fakultas Farmasi” Ucap Rektor UIN Malang dalam sambutannya.

(Sambutan Rektor UIN Malang)

Setelah Peresmian Apoteker Baru dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim kepada lulusan terbaik yudisium periode bulan Maret tahun 2024 dengan predikat IPK terbaik yang diraih oleh apt. Fariza Amanatul Sholihah, S.Farm. dengan IPK 3.99., apt. Nur Afifah, S.Farm dengan IPK 3.99 dan apt. Riznah Al-Rizqiyyah dengan IPK 3.93. Selanjutnya Penyerahan penghargaan kepada Lulusan Terbaik nilai UKMPPAI-CBT yang diraih oleh apt. Riznah Al-Rizqiyyah, S.Farm. dengan nilai 88.50., apt. Eka Kartini Rahmawati, S.Farm dengan nilai 87.50 dan apt. Fariza Amanatul Sholihah, S.Farm. dengan nilai 87.00. Lulusan terbaik dengan  nilai UKMPPAI-OSCE tertinggi diraih oleh apt. Riznah Al-Rizqiyyah, S.Farm. dengan nilai 87. apt. Rizky Aprillia Maryati, S.Farm dengan nilai 82 dan apt. Wahyi Yucha Firsyaradha, S.Farm. dengan nilai 81. Pemberian penghargaan diberikan langsung oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim yang diiringi  dengan tepuk tangan yang meriah dan foto bersama. Selanjutnya Penyerahan simbolis lulusan apoteker kepada ikatan alumni FKIK UIN Malang oleh Wakil Dekan 3 kepada Ketua Alumni. Kepada dr. Alvi Milliana, M.Biomed. dan apt. Agus Nurhasan, S.Farm.

(Penyerahan Penghargaan Kepada Lulusan Terbaik)

Adapun acara Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker Periode I FKIK UIN Malang ini ditutup dengan pembacaan doa yang akan dipimpin oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dr.H.Isroqunnajah, M.Ag. Dan dilanjutkan dengan persembahan sebuah video dan lagu kelulusan untuk dari para Apoteker Baru. Ucapan terimakasih dan rasa syukur disampaikan oleh apt. Nur Afifah S.Farm selaku perwakilan Apoteker Baru. “Sumpah yang kami ucapkan bukanlah hanya serangkaian kata melainkan janji yang akan kami pegang teguh dalam setiap langkah kami didunia kerja, kami bersama-sama berjanji  menjalankan profesi ini dengan penuh dedikasi, kejujuran dan integritas. kami siap belajar dan mengembangkan diri demi memberikan pelayanan terbaik bagi dunia kesehatan. saya selaku perwakilan Apoteker Baru ingin menyampaikan rasa terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung kami hingga sampai di titik ini” ujarnya.

Acara ini bukan hanya sekadar seremoni formal, tetapi juga sebuah simbol dari komitmen FKIK UIN Malang untuk menghasilkan para Apoteker Ulul Albab yang berkualitas dan berintegritas. Para peserta tidak hanya diharapkan menjadi ahli dalam bidang farmasi, tetapi juga pemimpin yang mampu membawa perubahan positif bagi masyarakat dan bangsa. Seperti yang diucapkan apt. Novia Maulina S.Farm., M.Farm. selaku Ketua Pelaksana dalam suatu wawancara.  “Acara sumpah berlangsung dengan lancar, tertib dan khidmat. Alhamdulillah semua berkat arahan pimpinan & kerja keras semua pihak yang bertugas. Dan saya ucapkan Selamat Kepada para Apoteker baru atas gelarnya, selamat mengemban amanah dan tanggung jawab baru, serta selalu menjadi Apoteker Ulul Albab yang menebar manfaat baik untuk agama, nusa dan bangsa. Jaga Almamater tercinta dan terus jaga silaturahmi. Selamat Berproses menuju tahapan selanjutnya.” ujarnya

 

Kontributor: Ahmadiyah Musliha (PSSF 2022) Raina Habibatul Haq (PSPD 2022)