Berita

Pelatihan Penguji dan Simulasi OSCE oleh PN UKMPPAI di PSPPA UIN Malang

Jumat-Sabtu (1-2/12/2023)  telah diselenggarakan pelatihan bagi penguji Objective Structured Clinical Examination (OSCE) di Prodi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (PSPPA FKIK UIN Malang).

OSCE merupakan metode evaluasi praktik klinis yang digunakan untuk menilai kemampuan praktis calon apoteker. Pelatihan yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan konsistensi penguji OSCE khusunya di PSPPA UIN Malang. Acara ini menggandeng Panitia Nasional Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Apoteker Indonesia (UKMPPAI) dengan narasumber Dr. apt, Lannie Hadisoewignyo, M.Si. dan apt. Dika Pramita Destiani, M.Farm. dari PN UKMPPAI serta apt. Anisa Pebiansyah, M.Farm. dari Penyelia Pusat OSCE (PP OSCE).

Para penguji OSCE beserta PN UKMPPAI

Pada acara pelatihan ini, para penguji yang berasal dari pembimbing akademik dan pembimbing lapangan dari berbagai lahan Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA) yang telah bekerja sama dengan institusi berkumpul untuk belajar lebih lanjut tentang metodologi penilaian yang akurat, etika dalam pengujian, serta pengetahuan terkini dalam bidang farmasi klinis.

Panitia beserta PN UMPPAI dan PP OSCE

Selain sesi pelatihan teoretis pada hari Jumat (1/12/2023), acara tersebut juga melibatkan simulasi OSCE yang memungkinkan penguji, kandidat, dan seluruh panitia untuk mempraktikkan keterampilan mereka seperti pada OSCE nasional. Para peserta pelatihan menyambut baik pendekatan ini karena dapat memberikan pengalaman nyata dalam proses penilaian dan gambaran besar terkait dengan pelaksanaan OSCE nasional.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas ujian OSCE di seluruh Indonesia, khususnya di PSPPA UIN Malang yang pada gilirannya akan menghasilkan apoteker lebih siap secara klinis dan memenuhi standar yang diperlukan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.