Berita

Memperluas Jaringan Lahan Praktek Profesi melalui Kerjasama Lembaga Farmasi TNI AL

Jakarta (15/03/2024), Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (FKIK UIN Malang) didampingi oleh Ketua Prodi Pendidikan Profesi Apoteker menandatangani nota kesepahaman bersama Kepala Lembaga Farmasi TNI Angkatan Laut Drs. Mochamad Kamal (LAFIAL). Penandatanganan dokumen kerjasama tersebut sekaligus menandai sinergi antara FKIK UIN Malang, khususnya Prodi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) dengan lembaga kefarmasian di bawah satuan TNI matra laut tersebut.

Kalafial menandatangani dokumen kerjasama disaksikan oleh Dekan FKIK UIN Malang

PSSPA FKIK UIN Malang merupakan program studi profesi dimana lebih dari 87% proses pembelajarannya berlangsung di lahan praktek, termasuk industri farmasi. LAFIAL Drs. Mochamad Kamal merupakan lembaga industri kefarmasian yang berorientasi non-profit dengan bertujuan untuk mencukupi kebutuhan obat-obatan di kalangan TNI Angkatan Laut. Meskipun demikian, proses produksi yang ada pada LAFIAL juga menerapkan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB). Dengan demikian, diharapkan bahwa mahasiswa PSPPA FKIK UIN Malang dapat memperoleh wawasan yang luas tentang pembuatan produk kefarmasian di lingkup kedinasan.

Dalam kesempatan ini, Dekan FKIK UIN Malang, Prof. Dr.dr. Yuyun Yueniwati PW, M.Kes., Sp.Rad(K) menyampaikan rasa terimakasih atas terwujudnya kerjasama antara FKIK dengan LAFIAL.

“Kami ucapkan rasa syukur dan terimakasih atas sambutan Bapak/Ibu (Pimpinan LAFIAL), serta yang terpenting bahwa adik-adik mahasiswa dapat berpraktik di sini (LAFIAL). Semoga mereka semua dapat memperoleh ilmu serta berkontribusi secara positif selama menjalankan praktik”, ungkap Prof. Yuyun.

Setali tiga uang, Pimpinan LAFIAL Drs. Mochamad Kamal yang diwakili oleh Kolonel Laut (K) Drs. Adrianto Sapto Harjadi, Apt., M.Si selaku Kepala Lembaga, menyambut baik atas kerjasama di bidang tri dharma tersebut. Dalam sambutannya, beliau secara penuh akan berkomitmen membantu dan mendukung proses pembelajaran PKPA mahasiswa PSPPA FKIK UIN Malang.