Berita

Catatan KOC OSCE Perdana PSPPA UIN Malang Februari 2024

(Senin, 05/02/2024) Alhamdulillahi rabbil’alamin. Objective and Structured Clinical Examination (OSCE) Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Apoteker Indonesia (UKMPPAI) Nasional di Prodi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Periode Februari 2024 telah berhasil ditunaikan. OSCE UKMPPAI di PSPPA FKIK UIN Malang ini adalah kali pertama yang diselenggarakan di institusi ini dan diikuti oleh sebanyak 40 mahasiswa angkatan pertama PSPPA UIN Malang. Mewakili 43 Panitia Lokasi di PSPPA UIN Malang secara keseluruhan, izinkan saya apt. Wirda Anggraini, M.Farm selaku Koordinator OSCE Center (KOC) UIN Malang, menyampaikan sedikit catatan penyelenggaraan OSCE di UIN Malang.

Set-up perencanaan OSCE Center sebelum Pendirian Prodi

Persiapan OSCE Perdana di PSPPA UIN Malang ini sejatinya dimulai sejak lama, bahkan jauh sebelum PSPPA UIN Malang memperoleh izin pendiriannya oleh Kemendikbudristek di tahun 2022 akhir. Perekrutan dosen apoteker di tahun 2019 pada dasarnya adalah mempertimbangkan kecukupan tenaga pendidik yang memenuhi persyaratan sebagai penguji OSCE ketika nantinya PSPPA UIN Malang dinyatakan berdiri. Sesaat setelah dinyatakan berdiri dan memperoleh akreditasi ‘BAIK’ oleh LAM-PTKes, kami bergerak cepat dengan melakukan perjalanan Benchmarking OSCE Center di UAD dan UGM Yogyakarta (15-16/11/2022). Kami membawa hasil lawatan yang sangat berharga dari Jogja ke Malang untuk kemudian merumuskan rencana pembangunan ruang OSCE Center PSPPA FKIK UIN Malang.

Rencana Pembangunan OSCE Center

Membangun OSCE Center di Gedung Kuliah Prodi Farmasi dan Prodi Profesi Apoteker, atau lebih akrab disebut Gedung Al Biruni, Kampus 3 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Malang, menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Gedung yang berdiri sejak kurun 2018-2019 ini memiliki keterbatasan dari segi jumlah ruang kelas dan fasilitas penunjang yang masih perlu peningkatan. Oleh karena urgensi pembangunan OSCE Center, terpaksa Prodi Farmasi UIN Malang harus merelakan setidaknya 4 ruang kelas berkapasitas 40-50 mahasiswa untuk dialokasikan menjadi 10 Workstation plus 1 ruang Alat & Bahan sebagai suatu OSCE Center. Selain itu, penting juga bagi kami untuk memastikan kecukupan dan kelayakan ruang-ruang dan fasilitas penunjang lain seperti ruang karantina, musholla, dan toilet.

Pembangunan OSCE Center dan Visitasi Kelayakan

Dengan dukungan dari fakultas dan universitas, pada akhirnya kami memperoleh alokasi pembangunan OSCE Center di Gedung Farmasi UIN Malang. Oleh karena PSPPA UIN Malang telah berdiri dan menerima sebanyak 40 mahasiswa di angkatan pertama pada Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 di bulan Januari 2023, maka pada saat itu kami memproyeksikan bahwa pelaksanaan OSCE-UKMPPAI terdekat yang akan diikuti mahasiswa angkatan ini adalah pada Oktober-Desember 2023. Sayangnya pada saat itu, jadwal pelaksanaan OSCE untuk periode tersebut belum kunjung muncul sehingga kami pikir lebih baik mengantisipasi dari awal dengan menyiapkan sarana-prasarana secepat mungkin. Akhirnya, pembangunan OSCE Center dimulai pada pertengahan semester Genap 2022/2023 dan ditargetkan selesai pada awal semester berikutnya. Untuk memastikan tiap tahap pembangunannya sesuai dengan persyaratan Panitia Nasional UKMPPAI, pada 06/03/2023 kami mengajukan permohonan Pendampingan Pembangunan OSCE Center kepada PN-UKMPPAI dan diisi secara langsung oleh Dr. apt. Lucy Sasongko, M.Si, Ketua Divisi OSCE PN-UKMPPAI (saat itu masih PN-UKAI). Sembari melakukan pengerjaan pembangunan OSCE Center, disamping itu saya dan Ibu Kaprodi, Dr. apt. Rahmi Annisa, S.Farm., M.Farm., mulai mengikuti Pelatihan Penguji OSCE di STIFAR Padang (27-28/05/2023) dan observer OSCE UKMPPAI di Universitas Airlangga (Juni 2023) untuk membekali diri kami sebagai KOC dan KOORLOK pada saat nantinya mengadakan pelatihan penguji di institusi sendiri.
Berselang 5 bulan berikutnya, OSCE Center berhasil berdiri dan sebagai institusi baru PSPPA UIN Malang wajib divisitasi secara langsung oleh PN-UKMPPAI untuk memastikan betul sarpras layak untuk menggelar ujian. Maka pada 08/09/2023 PN-UKMPPAI, diwakili oleh asesor senior Dr. apt. Lucy Sasongko, M.Si dan Dr. rer. nat. apt. Aluicia Anita Artarini, M.Sc, melakukan asesmen lapangan di OSCE Center UIN Malang. Visitasi menghasilkan sejumlah rekomendasi yang wajib kami penuhi untuk melakukan Pelatihan Penguji OSCE, salah satu komponen penting yang harus sangat terstandar dalam pelaksanaan ujian OSCE UKMPPAI.

Pelatihan Penguji OSCE

Setelah Mei dan Juni 2023 selesai mengikuti pelatihan penguji serta menjadi observer dalam pelaksanaan OSCE UKMPPAI di institusi lain, kini saatnya melengkapi komponen pelaksanaan OSCE di institusi sendiri, khususnya dari segi SDM. Dimulai dari  Workshop Pelatih Pemeran Standar (26-27/11/2023) yang diikuti oleh 5 orang delegasi. Kemudian disusul dengan Pelatihan Penguji dan Simulasi OSCE (1-2/12/2023). Dari sejumlah preseptor praktik maupun akademik yang diajukan kepada APTFI, ternyata PSPPA FKIK UIN Malang hanya memiliki 19 penguji aktif yang disetujui. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami, mengingat 18 adalah jumlah minimal penguji suatu institusi dapat menyelenggarakan OSCE. Ini artinya, akan ada satu sesi dalam pelaksanaan ujian nanti yang berlangsung tanpa ‘Penguji Siaga’. But show must go on! Meskipun dengan keterbatasan yang ada, kami harus terus maju untuk OSCE UKMPPAI periode Februari 2024. Oleh sebab itu PSPPA UIN Malang mengirimkan delegasi untuk mengikuti briefing KOC & PJ Alat dan Bahan (21/01/2024) serta Briefing admin TI (22/01/2024) untuk memastikan ujian berlangsung dengan lancar

D-Day OSCE UKMPPAI

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan secara nasional oleh LPUK-Nakes, periode pelaksanaan OSCE UKMPPAI Februari 2024 jatuh pada tanggal 3-6. Sebab jumlah kandidat/mahasiswa di PSPPA UIN Malang adalah sebanyak 40 orang, maka pelaksanaan ujian akan terbagi hanya 2 sesi @2 round dalam 1 hari pelaksanaan (03/02/2024). Dalam membantu pelaksanaan OSCE kali ini, PSPPA UIN Malang melibatkan sebanyak 43 orang Panitia Lokal yang berasal dari berbagai komponen, mulai dari dosen, laboran, tenaga kependidikan, cleaning service, hingga petugas keamanan. Keseluruhannya diplot ke dalam berbagai peran yang sudah ditentukan, yakni: KOC, PJ alba, Admin KOC, admin PP, Dosen karantina penguji, Dosen karantina kandidat, Staff karantina, Staff alba, laboran, PPS, PJ IT, Staff IT, Sanitasi OSCE, Staff Sarpras, Sie konsumsi, Sie Kebersihan, petugas genset, petugas keamanan, dan Pemeran Standar.
Rangkaian ujian dimulai H-2 semenjak kedatangan Penyelia Pusat (PP) yang dikirim oleh PN-UKMPPAI dan APTFI pada Kamis (30/01/2024). Sejenak setelah datang, PP beserta saya selaku KOC langsung melakukan pengecekan lokasi dan alat-bahan yang tercantum dalam daftar tilik. Esoknya, Jumat (31/01/2024) dilakukan briefing Panitia Lokasi, penguji, Pemeran Standar, serta kandidat. Keesokan harinya, yakni Sabtu (03/02/2024) adalah hari-H pelaksanaan OSCE UKMPPAI. Praktis kami semua wajib siaga sejak pukul 04.30 WIB dini hari. Seluruh komponen utama (penguji, kandidat dan PS) hingga komponen penunjang (tim alat dan bahan, PPS, CS, dan dll) dikerahkan sedari pagi buta hingga petang. Alhamdulillah, segalanya berlangsung dengan baik dan sukses. Sekalipun ada beberapa tantangan dan hambatan yang kami harus hadapi, seperti halnya kondisi alam yang di luar prediksi kami. Menjelang H-1 kami berjibaku menangani sarana penunjang seperti ruang karantina, koridor, musholla dan toilet yang mengalami kebocoran atap. Maklum, awal tahun ini curah hujan di wilayah Jawa Timur terbilang sangat tinggi sehingga membuat sejumlah sarana prasarana yang ada di Gedung Farmasi UIN Malang mengalami kerusakan. Namun dengan support oleh fakultas yang dilakukan secara langsung dipimpin oleh Dekan, pada akhirnya dapat ditanggulangi sedikit demi sedikit. Demikian juga dengan pemenuhan daftar tilik yang ditentukan H-20 dan H-10 ujian. Namun berkat ikhtiar yang tidak kenal lelah, serta pengorbanan yang tidak sedikit nilainya, semuanya dapat disediakan dengan lengkap dan tepat waktu. Secara keseluruhan ujian OSCE UKMPPAI UIN Malang berakhir pada pukul 18:30 WIB, ditandai dengan pemusnahan dokumen dan pengisian berita acara oleh Penyelia Pusat.

Epilog

Pada akhirnya kami mengucapkan Puji Syukur Kehadirat Allah SWT atas segala Rahmat yang Ia limpahkan. Kami turut mengucapkan terimakasih atas doa dan dukungan segenap stakeholder UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, serta Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker baik secara moril maupun materiil. Tak lupa kami ungkapkan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi seluruh panitia lokasi, orang-orang ‘hebat’ yang berada di balik suksesnya penyelenggaraan Ujian OSCE UKMPPAI periode ini.
Terakhir kami sampaikan do’a terbaik yang terpanjat bagi segenap anak didik kami ABHIPRAYA 2023, mahasiswa PSPPA FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang angkatan I. Semoga kesuksesan senantiasa menyertai kalian. Amin. Yaa robbal ‘alamiin.

apt. Wirda Anggraini, S.Farm., M.Farm
Koordinator OSCE Center (KOC) PSPPA UIN Malang
Periode Februari 2024