Berita

PKPA Apoteker UIN Malang di Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Surabaya

Senin (8/1/2024), Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (PSPPA FKIK UIN Malang) untuk kali kedua melakukan kunjungan ke Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya. Kunjungan pertama dilaksanakan pada 2023 dengan peserta yakni mahasiswa PSPPA FKIK UIN Malang batch I, sedangkan kunjungan kali ini oleh mahasiswa batch/angkatan II. Yang menjadikan kunjungan kedua ini istimewa adalah sejak Januari tahun ini, KKP Kelas I Surabaya resmi berganti nomenklatur menjadi Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) Surabaya, sehingga PSPPA FKIK UIN Malang adalah institusi pertama yang melakukan praktik kerja sekaligus kunjungan di kantor karantina kelas I tersebut dengan nama yang baru.

Sebagai prodi penyelenggara pendidikan profesi apoteker yang memiliki keunggulan di bidang Kefarmasian Haji, PSPPA FKIK UIN Malang turut mengenalkan wawasan peran apoteker terkait pekerjaan kefarmasian dalam penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia. Salah satu yang erat kaitannya dalam memastikan kesehatan jamaah haji sebelum maupun sesudah keberangkatan ke tanah suci adalah vaksinasi. Vaksinasi penting dilakukan untuk mencegah penularan wabah penyakit lintas negara yang mungkin dapat menjangkit setiap orang yang berpergian dari dan ke luar negeri. Fungsi tersebut diemban oleh BBKK yang ada di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan. Sebelum beralih, BBKK bernama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Namun berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No 10 tahun 2023 tentang Organisasi dan Unit Pelaksana Teknis bidang Kekarantinaan Kesehatan, KKP berubah menjadi BBKK dengan fungsi yang tetap sebagaimana sebelumnya. Bedanya adalah kali ini BKK akan diklasifikasikan menjadi: Balai Besar, Kelas I, Kelas II, dan Loka.

apt. Alif Firman Firdausy, Sekretaris Prodi PSPPA UIN Malang
Ibu apt. Ruli Handajani sedang menyampaikan materi

PSPPA FKIK UIN Malang memilih BBKK Surabaya sebagai lokasi praktik dikarenakan fasilitas dan SDM yang lengkap dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Termasuk di dalamnya terdapat pekerjaan kefarmasian yang dapat dipelajari, diantaranya seperti pengelolaan sediaan farmasi, vaksin, serta pengawasan OMKABA (Obat, Makanan, Kosmetika, dan Bahan Aditif) dari dan ke luar negeri.

Mahasiswa sedang menyimak materi tentang Sertifikasi OMKABA
Mahasiswa PSPPA FKIK UIN Malang di BBKK Surabaya

Kunjungan mahasiswa PSPPA FKIK UIN Malang kali ini diterima oleh Devika Martyawati, SKM, M. Kes sebagai pengelola instalasi diklat dan magang di BBKK Surabaya beserta jajaran. Setelah diterima, mahasiswa memperoleh paparan materi yang disampaikan oleh apoteker senior BBKK apt. Ruli Handajani, S.Si., M.Kes. Setelah menerima materi dan diskusi tanya jawab, mahasiswa diajak berkeliling di seluruh fasilitas yang ada di BBKK Surabaya. Mahasiswa PSPPA FKIK UIN Malang tampak antusias dalam mengikuti seluruh kegiatan dari awal hingga akhir.