Berita

“Seru Tapi Susah”, Kesan Angkatan 1 Ujian Praktik di OSCE Center PSPPA UIN Malang

(Kamis-Jumat, 9&10/11/2023) Setelah selesai menempuh seluruh proses pembelajaran praktik di lahan Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA), 40 mahasiswa angkatan 1 Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali wajib mengikuti ujian evaluasi metode Objective Structured Clinical Examination atau yang biasa disingkat OSCE. Kendati telah 2 kali melaksanakan ujian OSCE PKPA, priode ujian kali ini cukup berkesan bagi mahasiswa angkatan 1. Hal ini dikarenakan adalah kali pertama mereka menggunakan fasilitas OSCE Center PSPPA FKIK UIN Malang yang baru.

Maya Nafilatin Pratiwi, salah satu mahasiswi PSPPA FKIK UIN Malang angkatan 1 menuturkan kesannya atas ujian OSCE kali ini.

“Seru sekali OSCE di ruangan yang terstandar”, ujarnya, “Kalau dulu kita sulit konsentrasi karena masih belum berada di ruangan-ruangan terpisah seperti sekarang karena suara-suara lain sering terdengar. Kalau sekarang tidak.”

Suasana Ujian OSCE PSPPA FKIK UIN Malang
Mahasiswa PSPPA FKIK UIN Malang sedang mengerjakan kasus dalam ruang OSCE
Operator ujian OSCE PSPPA FKIK UIN Malang sedang bertugas

Perlu diketahui, OSCE Center PSPPA FKIK UIN Malang dibangun sesuai dengan standar dan pendampingan Panitia Nasional UKMPPAI divisi OSCE, dan telah divisitasi. Menjelang OSCE formatif yang akan datang awal tahun 2024, segenap stakeholder PSPPA FKIK UIN Malang berpacu dengan waktu dengan anggaran yang tidak sedikit untuk mempersiapkan sebaik mungkin setiap sarana yang dibutuhkan. OSCE Center PSPPA FKIK UIN Malang berada di lantai 3 gedung Al Biruni Kampus 3 FKIK UIN Malang. Di dalamnya terdapat 10 station uji, 1 ruang penguji cadangan serta 1 ruang alat dan bahan. Selain itu, OSCE Center PSPPA FKIK UIN Malang dilengkapi dengan perangkat audio system pada masing-masing ruangannya, menggunakan dinding sekat ber-peredam sehingga tiap ruangan kedap suara, tombol panic button, dan perangkat-perangkat penunjang lainnya.

Saat ditanya perihal kendala dan masukan tentang fasilitas OSCE Center PSPPA FKIK UIN Malang, Maya menjawab tidak ada sama sekali. “Sudah bagus, pak. Kendala satu-satunya adalah soalnya sulit, sehingga kita harus banyak belajar dan berlatih,” pungkasnya pungkasnya dengan sedikit tertawa dan diamini oleh beberapa teman satu angkatan yang berada di tempat yang sama saat wawancara sedang berlangsung.